Jihad

Saat ajaran Islam dibawakan oleh Rasulullah saw, beliu memulai dakwahnya dengan berbagai tahap, yang salah satu tahapan tertingginya adalah dengan cara memerangi orang-orang yang menolak ajaran ini dan tahapan ini disebut dengan jihad. Perlu diketahui bahwa jihad ini bukan sembarangan, harus nabi sendiri atau penerusnya yang ma’shum yang memutuskan dan menentukan taktiknya. Saat seorang ma’shum memutuskan perintah jihad, maka jihad itu wajib.

Adapun saat ini, umat Islam Syiah berada dalam masa keghaiban Imam Zaman as dan karena ghaibnya beliau jihad dalam artian seperti ini tidaklah wajib. Tapi, ada satu jenis jihad yang diwajibkan yaitu jihad pertahanan. Jihad pertahanan adalah usaha untuk mempertahankan negara, agama dan nyawa terhadap ancaman musuh yang ingin mencelakakan kita. Jadi jihad pertahanan inilah yang diwajibkan di zaman ghaibnya Imam ma’shum, bukan jihad dalam artian pertama.

Mempertahankan harta benda dan nyawa pribadi pun masuk dalam kategori jihad pertahanan ini dan wajib hukumnya. Begitu pula kita wajib membela saudara seagama saat harta benda dan nyawanya terancam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *