Apa sih berfikir itu? Mengapa kita perlu Mantiq untuk berfikir?

Berfikir adalah upaya seorang manusia untuk mengetahui sesuatu yang belum diketahui dengan cara mengkombinasikan pengetahuan-pengetahuan yang sudah diketahui sebelumnya.

Dalam mengkombinasikan pengetahuan-pengetahuan yang sudah ada, seringkali kita melakukan kesalahan, sehingga apa yang kita hasilkan dari kombinasi pengetahuan tersebut salah.

Bayangkan kegiatan berfikir kita itu seperti kegiatan seorang tukang yang membangun bangunan. Dalam membangun sebuah bangunan, mari kita bayangkan tiga hal yang mungkin terjadi:

  1. Material serta bahan-bahan bangunannya berkualitas dan bagus, bangunan yang sudah jadi pun bangunan yang bagus dan berkualitas juga. Inilah sebuah kesempurnaan.
  2. Material-materialnya jelek dan tidak berkualitas, namun bangunan yang berdiri terlihat bagus dan indah. Apa gunanya bangunan yang terlihat indah namun tak lama setelah ditinggali bangunannya roboh?
  3. Material serta bahan bangunannya oke, tapi bangunan yang sudah berdiri tidak ada estetikanya sama sekali, susunannya jelek dan salah kaprah. Tentu menyebalkan tinggal di sebuah bangunan yang tidak berfungsi dengan baik padahal material-material bangunannya sangat berkualitas dan mahal?

Tentunya kita mendambakan kemungkinan pertama bukan?

Begitu juga dalam berfikir. Sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya, berfikir adalah mengkombinasikan pengetahuan-pengetahuan yang sudah ada untuk mendapatkan pengetahuan baru (mengetahui hal yang belum diketahui). Yang mana pengetahuan-pengetahuan yang sudah ada itu adalah bahan dan material bangunan, pengetahuan baru adalah bangunan jadi hasil dari kombinasi material pemikiran tadi. Sebagai seorang pemikir, tentunya kita ingin mendapatkan sebuah pengetahuan yang benar, yang bertumpu pada bahan-bahan pemikiran yang benar pula.

Nah ilmu Mantiq inilah yang bisa kita jadikan alat untuk berfikir dengan benar.

Klik di sini untuk kembali ke halaman utama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *